PEMBUKAAN KEGIATAN TRAINING PENDAMPINGAN GURU BARU

By | October 4, 2019


Kegiatan “Training Pendampingan Guru Baru” pada hari Jum’at 4 Oktober 2019 secara resmi telah dibuka oleh Pengurus YPI Al Azhar bapak Dr. Ir. Ahmad Husin Lubis, M.Sc., bertempat di Al Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kegiatan diikuti oleh 62 guru-guru baru yang telah mengajar memasuki bulan ke 6, dan ada pula yang telah memasuki tahun ke 2.

Mereka adalah sarjana-sarjana yang baru saja menyelesaikan studi S1 kependidikan. Guru-guru baru tersebut merupakan tenaga muda dengan rata-rata tahun kelahiran 1993 hingga 1995 an.

Pada sambutannya, Dr. M. Dja’far Hasan, M.M. selaku kepala Direktorat Pendidikan Tinggi, Perencanaan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan (Direktorat Dikti Renbang Diklat) menyampaikan tiga hal yang menjadi tujuan penyelenggaraan training pendampingan yaitu guru yang pembelajar, guru yang professional dan guru yang berakhlaq karimah. Beliau menyampaikan pula tentang sinergitas organisasi yang terkait dengan peningkatan Sumber Daya Guru yaitu sinergi organisasi antara Direktorat Dikdasmen, Bagian Kepegawaian dan Direktorat Dikti Renbang Diklat. Dalam hal asas dan warna pendidikan, beliau mengutip pandangan-pandangan yang pernah disampaikan oleh Ki Hajar Dewantoro dan makna ayat Al Qur’an yang dibacakan pada saat awal kegiatan oleh sdr. Kurnia, salah satu peserta training yaitu mengingatkan semua yang hadir bahwa ilmu Allah sangat luas.

Pada sambutan berikutnya dan sekaligus membuka acara, Ketua YPI Al Azhar untuk bidang Dikti, Diklat dan Litbang, Dr. Ir. Ahmad Husin Lubis, M.Sc. menyampaikan pentingnya implementasi Ihsan dalam amal-amal pendidikan serta pengaruh teknologi pendidikan yang sekaligus ikut bergerak mendorong cara baru bagi generasi pembelajar era industry 4.0 dan era society 5.0.

Kegiatan training dihadiri oleh para undangan, pejabat dari jajaran sekretariat, jajaran direktorat dikdasmen, jajaran direktorat kepengawasan serta para widyaiswara. Kegiatan training dilaksanakan selama dua hari yang insha Allah akan berakhir pada hari Sabtu 5 Oktober 2019.

Panitia yang bertugas selama kegiatan adalah bapak H. Harry Rahmad,  H. Djasril, Abdul Gofar Ismail, Ira Istiana dan beberapa tenaga tambahan di bawah koordinasi Kepala Bagian Diklat bapak Siswaya, S.Pd.

ditulis oleh Djasril

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *